Fakta dan Data Contoh Ruqyah Syirk
Pengertian Ruqyah Syirkiyyah
Ruqyah Syirkiyyah ialah bacaan mantra-mantra,
pengagungan dan penyebutan setan, orang-orang shalih, penghormatan pada
bintang-bintang, malaikat atau pun prilaku-prilaku pada saat ruqyah yang
mengandung dosa syirik, bid’ah, atau khurafat. Ruqyah semacam ini
dilarang dalam syari’ah. Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya mantra-mantra, jimat, dan guna-guna adalah syirik.” (HR.Abu Dawud dan Ahmad).
Ibnu at-Tiin berkata,”Itulah ruqyah yang dilarang yang
dipergunakan ma’zim dan lainnya, yaitu orang yang mengakui adanya
penundukan jin untuknya. Selain itu ia juga mampu mendatangkan hal-hal
yang syubhat yang merupakan kombinasi hak dan bathil, kemudian
digabungkan dengan dzikir pada Allah dengan sesuatu yang meragukan
(berupa latihan tenaga dalam atau bertapa diiringi dzikir pada Allah,
puasa dan wirid ribuan kali untuk mendapatkan kemampuan ghoib dan lain
sebagainya).”
Penyimpangan Dalam Praktek Ruqyah Syirk Dewasa Ini
Adapun bentuk-bentuk penyimpangan dalam praktek ruqyah dewasa ini
yang harus kita waspadai agar tidak tertipu dan malah ikut-ikutan
tersesat adalah sebagai berikut:
- Peruqyah memegang tubuh seorang yang bukan muhrimnya secara langsung
hingga saling bersentuhan kulit tanpa ada perantara sedikitpun (tanpa
memakai media kayu, atau sarung tangan yang tebal pada saat darurat yang
menyebabkan peruqyah terpaksa menyentuh atau tersentuh tubuh pasien
yang bukan muhrimnya secara langsung)
- Peruqyah hanya mata pasien, tanpa membaca bacaan ruqya.
- Peruqyah hanya memijit-mijit badan pasien tanpa mengucapkan bacaan ruqyah.
- Peruqyah hanya mencaci jin, dan enggan untuk membaca do’a- do’a Isti’adzah.
- Peruqyah membaca bacaan ruqyah, tapi dicampur dengan bacaan yang tidak jelas maknanya.
- Peruqyah melafazhkan bacaan ruqyah tapi dicampur dengan mantra syirik.
- Peruqyah membaca bacaan ruqyah, tapi juga menggunakan jimat sebagai alat pengobatan.
- Peruqyah membaca bacaan ruqyah tapi dibolak-balik kalimatnya atau hanya komat-kamit.
- Peruqyah membaca bacaan ruqyah tapi juga menggunakan media lain
untuk memindahkan penyakit atau meminta syarat tertentu yang tidak
sesuai syari’at.
- Peruqyah membaca bacaan ruqyah, tapi juga melakukan penerawangan dan
menebak-nebak perkara yang sifatnya ghaib atau langsung memvonis ada
atau tidak adanya jin pada pasien.
- Peruqyah membaca ruqyah tapi mengaku bisa mengobati pasien dari jarak jauh.
- Peruqyah membaca bacaan ruqyah tapi mengaku bisa melihat jin dan menangkapnya.
- Peruqyah membaca bacaan ruqyah seraya melakukan jurus-jurus pernapasan tenaga dalam tertentu.
- Peruqyah membaca bacaan ruqyah tapi menggunakan mediator orang lain agar kesurupan kemudian melakukan proses pengobatan.
Ciri-ciri Perdukunan Dalam Ruqyah Syirk
Perdukunan telah merasuk dalam masyarakat Islam, sehingga batas
antara kebenaran dan kebathilan menjadi samar. Karena banyak ilmu-ilmu
perdukunan (kahanah) dikemas dengan kemasan agamis dan modernis, sehingga masyarakat Islam banyak yang tertipu oleh para dukun dan paranormal.
Sebagai contoh, banyak pasien yang menyampaikan keluhan-keluhan
mereka pada tim ruqyah, setelah sekian lama menderita sakit terkena
sihir dan telah berobat ke banyak orang, ada yang disebut sebagai orang
pintar, paranormal, orang tua, kyai, grand master energi, ahli
spiritualis. Baik yang menggunakan cara tradisonal seperti bunga kembang
setaman, menyan, atau pun yang menggunakan sarana modern seperti
transfer energi, kartu yang diisi energi ghaib, bahkan cara-cara yang
terkesan agamis seperti membaca lafaz-lafaz berbahasa arab sesungguhnya
bukanlah ikhtiyar yang dianjurkan syari’at. Karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
“Barangsiapa mendatangi tukang
ramal atau dukun, kemudian menayakan kepadanya tentang sesuatu, maka
tidak akan diterima shalatnya selama 40 hari.”
Ada sebuah fenomena dimana pada era kemajuan tekhnologi saat ini
para dukun merubah jubah tradisionalnya menjadi jubah modern. Mereka
kini menggunakan istilah-istilah modern dalam prilaku sesatnya. Seperti
pada saat mereka melihat sesuatu yang terjadi pada masa lalu atau
meramalkan yang akan terjadi di masa depan dengan mengistilahkannya
sebagai ilmu clairvoyance. Padahal sesungguhnya tetaplah ia masuk dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
sebagai tukang ramal atau dukun walau ia menggunakan istilah-istilah
modern sekali pun. Dan orang yang percaya apa yang dikatakan dukun
“modern”ini (walau ia mengatakan dari hasil meditasi pembukaan chakra
ajna, dari ilmu metafisik dan cara-cara bid’ah lainnya) tetaplah ia
ingkar terhadap apa yang diturunkan kepada Rasulullah, sebab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
”Barangsiapa mendatangi tukang ramal atau dukun, kemudian
membenarkan apa yang dikatakannya, maka sungguh telah ingkar terhadap
apa yang diturunkan kepada Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.”
Dan jika mereka dengan angkuhnya mengatakan kami bisa mengatahu
hal-hal yang ghaib karena dari hasil latihan tenaga dalam atau berlatih
ilmu metafisik, tetaplah mereka tertipu oleh syaithan dan seolah-olah
mereka lebih baik dari Rasulullah. Sebab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sendiri tidak tahu hal-hal yang ghaib melainkan apa yang telah diwahyukan pada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Allah berfirman tentang hal ini di dalam surat Al-A’raf ayat 7:188
قُل
لاَّ أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلاَ ضَرًّا إِلاَّ مَا شَآءَ اللهُ
وَلَوْ كُنْتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ َلاسْتَكْثَرْتُ مِنَ الْخَيْرِ وَمَا
مَسَّنِيَ السُّوءُ إِنْ أَنَا إِلاَّ نَذِيرٌ وَبَشِيرٌ لِقَوْمٍ
يُؤْمِنُونَ
“Katakanlah:’Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku
dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah.
Dan sekiranya aku mengetahui hal-hal yang ghoib, tentulah aku membuat
kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak lain hanyalah pemberi
peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman.’”
Harus kita ketahui bersama bahwa hakikat keghaiban hanya milik Allah
semata dan hanya diberitakan sesuatau yang ghaib itu kepada Rasul yang
diridhai-Nya.
Allah Azza wa Jalla menyatakan dalam firmannya:
عَالِمُ الْغَيْبِ فَلا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا إِلاَّ مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُولٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَدًا
”(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghoib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghoib itu itu kecuali kepada Rasul yang diridoi-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjagaan (malaikat) di hadapan dan dibelakangnya.” (al-Jin 72: 26-27)
Adapun ciri-ciri perdukunan (Kahanah) dan peramalan (‘Iraafah)
yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang melakukan terapi ruqyah
syirik dan mengaku punya ilmu ghaib atau ilmu metafisika adalah sebagai
berikut:
- Mensakralkan mantra-mantra selain kalimat-kalimat Allah dengan
bahasa Arab atau yang lainnya dengan syarat-syarat tertentu sebagai
taqarrub kepada thaghut yang disembah dan dimintai pertolongan.
Misalnya: sesaji, penyembelihan binatang, puasa mutih, puasa ngebleng,
puasa pati geni dan sebagainya.
- Menghinakan Al-Qur’an atau kalimah thayyibah dengan membacanya dari
belakang, menguranginya, menambahnya, mengubahnya atau membacanya di
tempat najis dengan telanjang.
- Ada lafal-lafal yang tidak jelas maknanya, atau tidak hubungannya satu sama lainnya.
- Ada nama-nama thaghut yang diagungkan, atau nama-nama syaithan yang dijadikan wasilah kepada Allah.
- Dengan membayangkan simbol-simbol tertentu atau dibarengi dengan gerakan tertentu.
- Dengan membayangkan seolah-olah melakukan sesuatu sesuai dengan
keinginannya. Misalnya: membaca satu ayat dari surat Yusuf dengan
hitungan tertentu untuk melakukan sihir mahabbah kepada seorang gadis
cantik, agar bisa jadi pacarnya. Maka ia saat membaca Lii saajidiin, ia
membayangkan gadis itu tunduk kepadanya.
- Ada permohonan kepada selain Allah untuk menyelesaikan hajatnya,
atau untuk membentengi dirinya, atau untuk menolak serangan sihir.
- Mengirimkan Al-Fatihah kepada orang mati dengan keyakinan arwahnya
akan datang kepadanya, kemudian arwah itu dimintai tolong untuk membantu
urusannya.
- Ada juga dengan cara menulis mantra-mantra di kertas kemudian itu dibakar, abunya dimasukkan ke dalam segelas air untuk diminum.
- Ada juga dengan menulis mantra-mantra syirik kemudian dijadikan
azimat yang diyakini untuk penangkal bala’ atau untuk mendatangkan
manfaat.
- Bertanya namanya, nama ayahnya dan nama ibunya untuk dimanterai.
- Meminta salah satu benda penderita (foto, kain, saputangan, peci, baju, dan sebagainya) sebagai syarat ritual atau deteksi.
- Terkadang minta binatang dengan sifat tertentu (ayam cemani, burung
pelatuk bawang dan lain sebagainya), atau media lain seperti bunga
kantil, minyak ponibalsawa atau zakfaron, daun sirih ketemu ruas, buah
apel Jin, tanah dari rumah penderita, tanah kuburan, air sumur kramat, slametan dan sebagainya.
- Menulis jimat-jimat tertentu (rajah), menggambar segi empat yang didalamnya ditulisi huruf dan angka, dan sebagainya.
- Membaca mantera-mantera yang tidak difahami, potongan ayat Al-Qur'an yang dipisah-pisah dan sebagainya.
- Kadang-kadang menyuruh penderita menyepi tidak terkena sinar matahari.
- Kadang-kadang tidak boleh menyentuh air pada masa-masa tertentu, atau mandi tengah malam.
- Memberi benda-benda yang harus ditanam di tanah, ditempel di atas
pintu, sikep, susuk, keris, akik, cincin besi,'air sakti', telur, 'sabuk
perlindungan', benang untuk ditalikan di tubuh dan sebagainya atau
memberikan batu kristal yang dikatakan sebagai media penarikan dan
penyaluran energi.
- Menyuruh penderita beribadah dan berwirid bid'ah (contoh: puasa
mutih, bertapa atau meditasi, konsentrasi pada foto seseorang,
istighosah, tahlilan, wirid sampai ribuan kali, ziarah kubur wali dengan
meminta syafaat didalamnya dan lain sebagainya).
- Terkadang sudah tahu duluan masalahnya, nama dan tempat asalnya. Dia juga bisa melihat ada Jin di dalam diri seseorang.
- Terkadang punya kamar khusus di rumahnya yang tidak boleh dimasuki orang lain.
- Ada pantangan terhadap dirinya dan penderita terhadap hari atau tanggal tertentu (tahayyur).
- Menulis ayat Al-Qur'an dengan sungsang, dari kiri atau dengan darah (haid) atau sesuatu yang najis.
- Kebanyakan suram wajahnya, kebanyakan merokok, membakar kemenyan, sulit untuk tawadhu.
- Suka mendeteksi penyakit dengan mengistilahkan dengan kepekaan tangan, memakai pendulum, transfer energi dan lain sebagainya.
- Menggunakan ritual sihirnya dengan istilah “pembukaan”, shaktivat, inisiasi, attunement, pengisian, pembersihan dan pembukaan aura, pembuangan energi negatif, pembersihan karma negatif dan lain sebagainya.
- Melakukan ritual atau prilaku aneh dalam pelaksanaan hajatnya
seperti menggerakkan tangan seolah-olah menulis, menangkap atau menolak
sesuatu, menyedot atau mengeluarkan napas dengan keras dengan
mengejangkan salah satu anggota tubuhnya (biasa dilakukan oleh mereka
yang belajar senam pernapasan tenaga dalam).
- Memegang bagian-bagian tubuh pasien yang bukan muhrimnya secara langsung (bersentuhan kulit) dalam prosesi pengobatan.
- Memberikan wejangan-wejangan yang bertentangan dengan ajaran Islam
Contoh Gambar Iklan Ruqyah Eyirk
1. Ruqyah Syirk Padepokan Bhakti Nusantara
Lihatlah iklan Ruqyah Padepokan Bhakti Nusantara, Sang Guru mencampur
adukkan ruqyah dengan ilmu metafisika seperti reiki, meditasi,
pembukaan indra ke enam/mata ke tiga, pengasihan dan lain-lain.
2. Ruqyah Syirk Padepokan Walisongo
Terapi ruqyah fersi padepokan Walisongo ini sangat aneh, pembaca bisa
melihat iklannya yang membagi ruqyah kedalam banyak versi dan tingkatan
seperti:
- Terapi Ruqyah I (tilawah membaca Al-Qur’an)
- Terapi Ruqyah II (tirta husada)
- Terapi ruqyah III (pemijatan).
- Terapi Ruqyah IV (telur Rebus).
- Terapi Ruqyah V (Gembolo Banyu)
- Terapi ruqyah VI (telehusada “pengobatan jarak jauh)
- Terapi Ruqyah VII (Swahusada/dri sendiri)
- Terapi Ruqyah VIII (Menetralisir rumah/pekarangan/ tempat usaha dari gangguan sihir).
Ruqyah ala padepokan Walisongo ini sangat menyimpang sebab mencampur
adukkan ruqyah yang murni menggunakan bacaan ayat suci Al-Qur’an dengan
ilmu klenik/perdukunan dan apa hubunganya ruqyah dengan telor rebus ?
3. Ruqyah Syirk Padepokan Kumbang Malam
Ruqyah padepokan Kumbang Malam ini benar-benar sesat sebab jika
terapi ruqyah syar’iyyah mengeluarkan Jin dalam tubuh tetapi ruqyah
mereka malah memasukkan Jin kedalam tubuh seseorang. Coba lihat tulisan
KELEBIHAN RUQYAH PADEPOKAN KUMBANG MALAM, tertulis disana Jin bisa dimasukkan kedalam tubuh salah satu anggota keluarga/anak yang siap.
Tujuan memasukkan Jin dari terapi ruqyah syirik ala Pedepokan ini tidak
lain khodam Jin dari penerapi masuk untuk mengusir Jin yang ada dalam
tubuh pasiennya. Praktek semacam inilah yang sering memfitnah klinik
ruqyah syar’iyyah dengan mengatakan ruqyah syar’iyyah memasukkan Jin
padahal praktek tersebut adalah praktek ruqyah syirik.
Selain itu ciri khas yang PASTI ditemui dari ruqyah syirik, mereka
selalu mencampur adukkan ruqyah dengan ilmu kesaktian/metafisika.
Seperti bisa dilihat pada iklan diatas, Padepokan Kumbang malam
mengajarkan juga reiki, tenaga dalam, ruwatan dan ruqyah satu paket
dalam keilmuan mereka.
3. Ruqyah Syirk Ma’had Qolbun Salim
Tidak semua pesantren bersih dari ilmu sihir dan praktek kesyirikan,
contohnya iklan Ma’had Qolbun Salim. Selain membuka praktek ruqyah
ma’had ini juga membuka praktek pengobatan dengan ilmu metafisika seperti reiki, prana dan
semacamnya. Sungguh ironis, banyak masyarakat yang ketika mendapatkan
efek negatif dari praktek ruqyah menyimpang yang dilakukan oknum kyai
mengakibatkan praktek ruqyah syar’i terkena getahnya, padahal ciri khas
praktek ruqyah syar’i TIDAK pernah menggabungkan pengobatan ruqyah
dengan ilmu ghaib/supranatural/metafisika dan TIDAK memakai bantuan Jin
dalam pengobatan ruqyah.
Dari beberapa contoh ruqyah syirik diatas, saya harap umat muslim
hati-hati dengan pengobatan ruqyah, sebab sekarang ini sangat menjamur
pengobatan ruqyah yang jika kita tidak hati-hati dapat salah memilih
klinik ruqyah. Alih-alih sembuh dari penyakit malah akan menambah Jin
dalam tubuh dan penyakitnya tambah
parah. WASPADALAH.....WASPADALAH
Klinik Ruqyah Yang Syar’i
Insya Allah saya akan meneliti, mengkaji dan akan mengumpulkan klinik
ruqyah yang benar-benar syari’i dari seluruh Indonesia, hingga jika ada
dari masyarakat yang akan ikhtiar berobat dengan pengobatan islami
tidak akan salah memilih tempat, dan saya juga akan memberikan alamat
dimana saja tempat kursus keilmuan ruqyah yang benar-benar kradibel
mengajarkan ruqyah syang syar’i. Semoga Allah memberikan kekuatan pada
diri saya untuk meneliti, mengkaji dan menginfentarisirnya.
Sumber: http://ruqyah-online.blogspot.com/
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
Ahli RUqyah Syar'iyyah Kediri
BalasHapus